02/02/14

Université Chouaib Doukkali (El - Jadida, Morocco)

A. Sejarah
Nama Universitas Chouaib Eddoukali (baca : syu’ab ad-dukaly) diambil dari nama salah seorang ulama Maroko, bernama abu syu’aib bin abdurrahman al-siddiqi Eddoukali (1295-1357 H. / 1878-1938 M.). semasa hidupnya beliau pernah menjabat sebagai qadhi, mufti, menteri dan guru.
Universitas ini didirikan tahun 1989 dengan SK raja No. 144-89-1 tanggal 22 rabiul awal 1401 H. Bertepatan dengan oktober 1989 di pusat kota Doukala – Abda al-Jadida Maroko. Pada awalnya universitas ini hanya mempunyai dua fakultas : fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam serta fakutlas adab dan humaniora yang ketika itu menginduk ke universitas Hassan II Casablanca, yaitu dari tahun 1986 sampai 1989, saat diresmikan menjadi universitas yang berdiri sendiri.

Tujuan utama dari universitas di Al-Jadida ini adalah menyediakan ranah pendidikan, penelitian dan pelatihan untuk para tunas bangsa untuk menghadapi berbagi tantangan globalosasi sosial, politik, ekonomi dan budaya. Di samping itu juga, secara khusus universitas ini merupakan fasilitator bagi terciptanya Sumber Daya Manusia di Al-Jadida guna menjawab berbagai persoalan sosio-ekonomi masyarakat. Olehkarenanyya, universitas Chueib Ed Doukali ini terus-menerus meningkatkan perannya dengan membrikan layanan terbaiknya untuk mahasiswanya, dan juga memberi bantuan untuk penyisipan mahasiswa terbaiknya di dunia kerja. Dengan demikian, pengembangan-pengembangan ilmu pengetahuan dengan pengkajian yang kontinew dan peningkatan interaksi langsung antara dunia akademis dengan masalah-masalah masyarakat, adalah inti arah pengajaran dari universitas yang merupakan lembaga pendidikan public dan cultural.
B. Struktur Universitas
Menurut Pasal 9 dari No Dahir 1-00-199 (19 Mei, 2002) Undang-undang Nomor 01-00 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi, universitas yang dikelola oleh dewan universitas. Sehingga, universitas Chueib Ed Doukali dipimpin oleh seorang Rektor dengan dibantu oleh dua orang wakil dan seorang Sekertaris Jendral. Dan, memiliki beberapa dekan dan ketua program studi, serta dibantu oleh beberapa staf administrasi dan pelayananan umum. Sedangkan untuk para ilmuan dan tenaga ahli difokuskan untuk bidang pengajaran, bimbingan, pelatihan, penelitian dan penilaiaan.
a. Fakultas dan Sekolah Tinggi
Sejak didirikan tahun 1985 Universitas Chueib Ed Doukali memiliki dua patner perusahaan, 455 dosen dan peneliti, 217 staf administrasi, laboratorium-laboratorium modern, 7600 mahasiswa, dan memiliki berbagai jenjang studi; Sarjana (S1) Master (S2) dan Doktoral (S3). Serta, untuk meningkatkan kwalitas itu semua, maka Universitas Chueib Ed Doukali membuka  5 wadah penggemblengan para kader bangsa. Yaitu:
a. Fakultas Sains
b. Fakultas Adab dan Humaniora
c. Fakultas Interdisipliner
d. Sekolah Tinggi Nasional Bisnis dan Manajemen
e. Sekolah Tinggi Nasional Ilmu Pengetahuan Terapan
a. Fakultas Sains
Fakultas ini menawarkan berbagai program studi untuk berbagai jenmjang pendidikan. Untuk kategori jenjang Sarjana (S1) fakultas Sains menyediakan program studi: Matematika dan Ilmu Komputer, Bahan Ilmu Kimia, Fisika, Ilmu Bumi dan Alam, Life Sciences, Matematika dan Aplikasi, Terapan Geomatics, Geologi dan Perencanaan Lingkungan, dan Pengelolaan Limbah Cair dan Padat. Sedangkan untuk jenjang Master (S2) program studi yang ditawarkan adalah:
à Magister Ilmu Teknik dan Lingkungan.
à Master dalam Elektronika dan Pengolahan Sinyal.
à Master di bidang Ekonomi, Manajemen, manajemen dan rekayasa lingkungan.
Kesemua wadah tersebut dilengkapi dengan laboratorium-laboratorium modern sebagai berikut:
à Laboratorium Biologi dan Bioteknologi Tanaman
à Laboratorium Studi dan Analisis Lingkungan
à Antropogénétiques Laboratorium Ilmu dan Patofisiologi
à Laboratorium Biokimia, Nutrisi dan pengembangan sumber daya alam
à Laboratorium Bioteknologi Kelautan dan Lingkungan Hidup
à Laboratorium Kimia Fisik
à Laboratorium Katalisis dan Korosi Bahan
à Laboratorium Air dan Lingkungan Hidup
à Laboratorium Kimia Koordinasi dan Analitik
à Laboratorium Kimia Organik, Lingkungan Hidup dan Bio Organik
à Laboratorium Kimia Fisik Bahan
à Laboratorium Kimia Bio Organik
à Laboratorium Matematika Fundamental
à Laboratorium Matematika Terapan untuk Industri
à Laboratorium Elektronika, Instrumentasi dan Pengolahan Sinyal
à Laboratorium Mekanika dan energetika
à Laboratorium Fisika Nuklir, Atom dan Molekul
à Laboratorium Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi
à Laboratorium Fisika Matter Publikasi
à Laboratorium Instrumentasi Pengukuran dan Kontrol
à Laboratorium Teknik Geosciences dan Lingkungan
à Laboratorium geodinamika dan geoteknik
à Laboratorium Geosciences Kelautan dan Ilmu Tanah
à Tim Keramik Rekayasa Proses, dan Membran
à Tim Digital Imaging
à Tim Elektronik dan Optik dari Solid
à  Unit Teknologi Informasi
b. Fakultas Adab dan Humaniora
Fakultas ini memiliki program studi di berbagai jenjang studi, Sarjana (S1), Master (S2) dan Doktoral (S3). Yaitu:
à Studi Islam
à Bahasa dan Sastra Arab
à Bahasa dan Sastra Inggris
à Bahasa dan Sastra Prancis
à Sosiologi
à Sejarah dan Peradaban
à Geografi dan Perencanaan
à Sosial Budaya
Dan untuk menunjang kwalitas keilmuan para mahasiswa, fakultas ini juga menyediakan Laboratorium dan mengklasifikasi ranah kajiannya setiap Team. Yaitu:
à Laboratorium
à Rekonstruksi Ruang dan Pembangunan Berkelanjutan
à Laboratorium untuk Studi dan Penelitian Intercultural.
à Team
à Ilmu Komunikasi Lintas Budaya;
à Perencanaan Ruang Kota.
à Masyarakat dan Pedesaan;
à Studi dan Manajemen Sumber Daya Lingkungan Hidup;
à Penelitian Komunikasi Antarbudaya dan Ilmu Pengajaran Bahasa;
à Penelitian Linguistik;
à Penelitian Interdisipliner di Pendidikan Dewasa dan Komunikasi;
à Penelitian tentang diam dan gambar bergerak;
à Umum dan Perbandingan Sastra;
à Penelitian Intercultural;Fakultas Interdisipliner
c. Fakultas Interdisipliner
Fakultas yang didirikan pada tahun 2004 inibertujuan khusus untuk pengajaran dan pelatihan di bidang ekonomi dan manajemen, serta pelatihan kejuruan di sektor tersier. Sehingga, bidang studi yang ditawarkan oleh fakultas ini adalah: Pemasaran dan Pariwisata, Pemeliharaan Cagar Budaya, Manajemen bisnis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknik Penjualan dan Loyalitas Pelanggan, dan Manajemen Logistik.
d. Sekolah Tinggi Nasional Bisnis dan Manajemen
Sekolah tinggi ini idirikan pada tahun 2006 dengan tujuan untuk mengadakan pengajaran, bimbingan, pelatihan dan penelitian dalam bidang bisnis, manajemen dan pemasaran. Dan, program studi yang ditawarkan adalah Perbankan dan Keuangan, Menejemen Bisnis Industri; Penciptaan dan Inovasi, Menejemen Kegiatan Usaha, dan Menejemen Produksi dan Logistik Terpadu. Sedangkan untuk Master (S2) program studi yang ditawarkan hanya program spesialis “Pemasaran dan Komunikasi Bisnis” dan program spesialis “:Manajemen UKM dan Sumber Daya Manusia” dalam kemitraan dengan Fakultas Interdisipliner.
e. Sekolah Tinggi Nasional Ilmu Pengetahuan Terapan
Sekolah tinggi ini baru didirikan pada tahun 2008, dengan focus pada program tehnik dalam industry jaringan,Informatioc Technology dan Telekomunikasi. Sehingga, program studi yang ditawarkan adalah: Matematika dan Ilmu Komputer, dan IT dan Telekomunikasi.
b. Sekolah Doktoral
Sekolah program doctoral (S3) ini langsung dibawah kendali Rektor dan dua wakil rector. Sehingga pendaftaran calon doctor harus terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada mereka dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk Pusat Studi Doktor “Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi” program spesialisasi kajian yang ditawarkan adalah: Fisika dan Aplikasi, Matematika dan Ilmu Komputer, Kimia dan Aplikasi, Life Sciences, dan Geosciences dan Aplikasi. Sedangkan untuk doctoral bidang Adab dan Humaniora kampus menawarkan program Studi Islam, Studi Arab, Studi Prancis, Studi Inggris, Sejarah dan Peradaban, dan Sosiologi. Dan, khusus untuk mahasiswa doctoral diharuskan pernah melakukan pertunjukan antar budaya: Bahasa, sastra dan seni.
Demi tumbuhkembangnya kwalitas intelektual mahasiswa doctoral, sejak 2007 Universitas Chouaib Doukkali menyelenggarakan pemilihan nominasi Disertasi Terbaik (Dissertation award) untuk disiplin Ilmu dan Tehnologi, dan Adab dan Humaniora.
C. Sistem Pendidikan (Pedagogia)
Universitas Chouaib Ed Doukkali membuka program studi dan jenjang pendidikan, dengan dan atas persetujuan dari Departemen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kerajaan Maroko. Sesuai peraturan baru (nidzam jaded) yang dikeluarkan Departemen Pendidikan Tinggi, jenjang Sarjana (S1) ditempuh selama 3 tahun (6 Semester) dan jenjang Master (S2) ditempuh selama 2 tahun (4 Semester), serta jenjang Doktoral (S3) ditempuh selama 3 tahun.
Ada tiga model aktivitas belajar mengajar di kampus ini, yaitu:
¨ Sistem Semester
Dalam satu semester terdapat 16 minggu pengajaran dan penilaian. Volume standar minimal  362 jam. Dan, sekurang-kurangnya dalam satu semester terdiri dari empat modul, dengan satu modulnya terdiri dari dua mata kuliah.
¨ Track
Track atau berantai merupakan model pengajaran, bimbingan, pelatihan, penelitian dan penilaian guna mengembangkan keahlian mahasiswa dalam satu bidang tertentu secara lebih dalam. Model ini biasannya digunakan bagi para mahasiwa yang mengambil gelar Sarjana Profesional, Master Profesional dan Doktor riset.
¨ Modul
Modul adalah unit dasar dari sistem pelatihan. Hal ini otonom dan menargetkan tujuan tertentu. Isinya bervariasi menurut jenis dan siklus pengajaran dan bimbingan. Ini terdiri dari satu atau lebih item disediakan sebagai teoritis dan / atau tutorial, dan / atau praktek kerja dan / atau lokakarya, semua tujuan dan isi yang spesifik, metode organisasi dan validasi. Modul harus disampaikan benar-benar dalam satu semester.
D. Sistem Pendaftaran
Pendaftaran berlangsung di akhir bulan Juli dan awal September setelah pengumuman pendaftaran ditetapkan oleh dekan atau direktur. Mahasiswa harus melakukan dua jenis entri: entri pendaftaran administrasi dan akademik. Keduanya terjadi di fakultas.
Pertama administrasi pendaftaran. Untuk pendaftaran awal dokumen yang diperlukan administratif adalah:
à Universitas formulir pendaftaran.
à Sertifikat asli derajat.
à 6 fotokopi Sarjana asli.
à Akte Kelahiran.
à Fotokopi kartu identitas nasional yang berlaku.
à 6 foto paspor.
à 6 amplop dicap berperangko.
à Sebuah catatan medis.
Kedua, pendaftaran akademik. Hal ini penting untuk dapat menghadiri kelas dan mengambil mata kulia di modul mana siswa diperbolehkan untuk mendaftar. Hal ini dilakukan setelah pendaftaran administrasi dan berlangsung setiap enam bulan, dengan biaya jasa.
Sedangkan untuk pendaftaran mahasiswa asing yang memgang gelar kesarjanaan di luar negeri, calon mahasiwa harus menyertakan dokumen yang mengizinkan pendaftaran dari Departemen Luar Negeri atau yang setingkat dengan Pemerintah Maroko.
E. Sarana & Prasarana Universitas
Untuk kegiatan olahraga, siswa memiliki lapangan olah raga, sebuah ruang indoor untuk aerobik dan latihan beban di kampus, dan dua ruang serbaguna. Dengan efektifitas latihan dan bimbingan serta fasilitas yang memadai, mahasiwa/i telah mengukir berbagai prestasi olahraga di tingkat nasional, khusunya untuk kategori sepakbola.
Demikian pula, perhatian pada peningkatan kehidupan mahasiswa lebih kondusif pada dasarnya merupakan kebijakan utama dari Universitas Chouaib Doukkali. Pada tanggal 28 Oktober 2008 selama kunjungan Kerajaan ke El Jadida, Yang Mulia Raja Muhammad VI meletakkan batu fondasi untuk pembangunan asrama baru di El Jadida.
F. UniversitasAlamat Penting dan Contact Person
Universite Chouaib Doukkali  beralamat: BD Jabran Khalil jabran. B.P 299 – 24000 el-Jadida Maroko.
Telphon: (+212) 05 23 34 44 47 / 48.
Fax: (+212) 05 23 34 44 49.
Email: contact@ucd.ma. Situs Web: http://www.ucd.ac.ma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar